Sudah Lama


Hampir sekian tahun lebih, anakku. Ayah tidak pernah menengok rumah ini. Ayah pikir rumah ini akan lenyap begitu saja, tapi sesekali ayah rindu dan akhirnya bisa menengok seluruh ruangannya.

Rasa kangen ayah pada rumah ini sudah lama tidak terwujud semenjak terlalu banyak "mainan" yang membuat ayah lupa dimanakah rumah ini.


Sudah lama, seperti inilah yang sedang terjadi antara ayah dan rumah ini. karena sudah lama pula, ayah ingin bercerita bahwa kita mudah kehilangan sesuatu dalam hidup kita. dan kita menganggap itu sebagai sesuatu yang terlupakan. maka muncullah "sudah lama".


Anakku,
Seperti halnya perasaan ayah pada rumah ini seperti ayah merasakannya pada negeri ini, Indonesia. Sudah lama ayah mendambakan negeri ini akan selalu aman, damai dan harmoni. sudah lama pula ayah tidak menemukan dimanakah kedamaian itu?. setelah ayah bertahun-tahun melihat negeri ini melihat "pergerakan lain" sehingga jauh dari kondisi semula.

Anakku, Media adalah salah satu corong sumber informasi bagi masyarakat, maka tidak ayal lagi semua informasi, baik yang positif mau sebaliknya akan diterima atau ditolak oleh masyarakat. sehingga dalam kehidupan kita, kehidupan manusia seolah dikekang oleh informasi. 

Sesungguhnya, kemandirian manusia memperoleh informasi sangat dibutuhkan agar manusia bisa menggunakan akal warasnya. Tapi di akhir jaman ini manusia tidak bisa berkembang pemikirannya. Sehingga ia tidak bisa menggunakan akal warasnya. Lihatlah peradaban manusia di era digital ini banyak caci maki, intoleransi, adu domba, fitnah dsb. Anakku, semua itu akan terjadi bilamana manusia tidak pandai memilah dan memilih informasi dengan baik. Maka ingin tuturkan ini kepadamu, janganlah kamu buta mata apalagi buta hati ketika sudah terhubung dengan dunia digital. 

So, sebenarnya tujuan ayah kembali ke rumah ini karena ayah ingin merasakan kedamaian didalamnya, setidaknya damai dalam kata-kata. sebagaimana dulu ayah merasakan betul kedamaian di negeri ini, setelah sekian lama negeri ini mengalami gonjang ganjing.

Tidak ada komentar