Pahami Lingkungan

Anakku,
Zaman akan terus berubah setiap saat, problematika akan bertambah setiap waktu, kendala dan hambatan akan merintang setiap saat. Maka cara apakah yang akan kamu lakukan seandainya kamu akan menemui zaman seperti itu?


Di era ayah tidak bersamamu lagi, kamu akan berjalan sendiri tanpa bantuan siapapun. Kehidupanmu akan berlangsung tanpa orang yang menjadi sandaran kebingunganmu. Perjalananmu akan menemukan banyak aral melintang yang sama dan mungkin berbeda dengan zaman ayahmu ketika muda.

Anakku,
pada zamanmu kelak, kamu adalah manusia yang beruntung karena orang-orang di masamu akan menyadari tentang menjaga lingkungan, tetapi pada zamanmu pula kamu akan menjadi sebaliknya orang yang paling rugi di dunia ini. Kenapa?

Karena akan banya orang-orang yang hidup disekitarmu akan merusak alam ini dengan perilaku congkaknya. 

Sampah yang terbuang dimana-mana tanda ketidak bersihan orang-orang disekeliling kita, tetapi keberadaan kita tidak lepas dari status negatif mereka. Karena semua yang nampak adalah kehidupan manusia secara keseluruhan.

Anakku,
Andaikan kamu berpikir dunia akan selalu aman, nyaman dan bersih, tentu itu pemikiran yang bagus. Namun pemikiran seperti itu tidak cukup kamu karena di zamanmu akan banyak ditemukan orang yang pandai berbicara kebaikan dan menjaga kelestarian alam, namun tindakan mereka menunjukkan sebaliknya. Itulah masa dimana kamu akan ada didalamnya.

Anakku,
Ayah sudah menyebutkan bahwa setiap permasalah begitu komplek, bahkan seolah tidak terselesaikan. Setiap hal yang akan kamu temui kadang sudah nampak kesulitannya. Untuk itu janganlah kamu lengah dengan apa yang akan terjadi pada masamu.

Bila alam ini dengan berbagai lingkungan tempat yang ditinggali manusia sudah menunjukkan kerusakannya, maka lakukan cara terbaik walau itu kecil. seperti kamu akan membuang sampah pada tempatnya. dan buatlah orang-orang selalu tersenyum ketika menyapamu.

Tidak ada komentar