Langsung ke konten utama

Pikirkan Sebelum Bertindak

Anakku, 

Sejenak ayah ingin mengatakan ini kepada kamu bahwa berpikir adalah tindakan dasar manusia. Dan inilah yang membedakan manusia berbeda dengan mahluk lainnya. 

Kenapa harus berpikir dahulu sebelum bertindak?

berpikir

Tentu ada hal yang paling penting dalam menyikapi ini. 

Allah swt, bagi seorang hambanya adalah dzat yang memberikan sesuatu yang bernilai paling berharga dibanding mahluk lainnya. apa itu?

Pikiran

pikiran adalah salah satu anugerah dari Allah swt yang dianggap paling tinggi dalam diri manusia.

Pikiran, sesungguhnya bukan sekadar instrumen belaka bagi manusia, tetapi pikiran itu akan memberi cerminan bagi si pemiliknya. 

Anakku, 

Kalau kamu perhatikan alam ini, ada banyak  hal yang menjadi indah di dunia ini karena hasil kerja pikiran manusia, meskipun hasil karyanya tidak bisa mengungguli ciptaan Allah swt. Lihatlah bangunan-bangunan dan jalan-jalan buatan manusia itu, Indah bukan?. itulah hasil buah pikiran manusia, yang bertanda itu adalah kekuasaan Allah swt.

Anakku,

Sesungguhnya, bukan sembarang jadi kalau Allah swt ingin menciptakan apa saja yang dikehendakinya. Tapi semua yang terjadi memang sudah kehendak-Nya.
KUN FAYAKUN
Cerita kehidupan manusia tidak berjalan sebagaimana yang dikehendakinya karena Allah swt masih berperan dalam kehidupan manusia. Dan manusia tidak bisa melawan kekuatan Allah swt yang sudah berjalan sebagaimana kehidupan sekarang ini.

Anakku, 
ada sebuah pertanyaan. Kenapa manusia harus berpikir dahulu sebelum bertindak?. 

Sebuah pertanyaan besar ini menjadi jawaban tersendiri bagi orang yang memahami arti berpikir. 

Karena kalau kita pahami, berpikir itu jalan manusia untuk mencapai derajat yang tinggi dalam kehidupannnya. Hingga bilamana derajat itu tidak diraihnya, maka manusia lah yang mengalami kerugian besar dalam kehidupannya.

Anakku, 

Sejarah kehidupan manusia telah bercerita kepada kita bahwa bangsa-bangsa di dunia sudah cukup membuktikan bagaimana manusia berpikir. 

Nak, bacalah, kamu akan mengenal sejarah perang-perang dunia yang sudah berlalu sejak puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun lalu. semua yang terjadi karena hasil peperangan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi kehidupan manusia sendiri. 

diceritakan ada banyak korban jiwa terdiri dari wanita, orang tua dan anak-anak, serta rusaknya bangunan dan gedung-gedung yang ikut menceritakan cara berpikir manusia sebelum bertindak. 

Anakku,

Ada sebuah pepatah yang harus kamu ketahui bahwa mereka berbuat karena sudah melakukan sesuatu sebagaimana yang dipikirkan sebelumnya, artinya Cara berpikir manusia dalam sebuah tindakan pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari peranan pikirannya. Dan cukuplah buat kamu sejarah peperangan itu sebagai pelajaran berharga buat kamu.

Anakku, janganlah kamu bertindak sebelum berpikir.

Ingatlah itu,Nak.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ladang-ladang

Ladang-ladang
Agamamu telah mengadilimu dengan 4 perkara Salah satunya adalah kau akan menjadi petani Lalu dari hasil kerjamu berbuah manis Cangkulmu adalah alatmu wahai kaum adam Bila kau tak bisa menggunakannya, biarlah ia berdzikir

Dengan sebaik-baik prasangka pada pemilik asma’ Cangkulmu adalah alat terbaik dalam hidupmu Dengan puncak kebesaranmu untuk meraih tuhanmu Biarlah ladang-ladang itu yang berdiam Kau hanya boleh memilih ladang yang paling tepat untukmu

Hakmu hanya dengan 4 ladang Kalau kau akan memilikinya secara bersama-sama Cangkullah…! Dengan sebaik-baik cangkulan Maka kau akan menikmati hasil tanaman itu.






Keyakinan Kita

Anakku,

Setiap malam kadangkala ayah ingin selalu mendongeng saat ayah akan mengantarmu tidur. Tapi usaha itu ayah urungkan karena kamu sudah terlelap setelah seharian bermain. Barangkali ada esok hari yang bisa ayah ceritakan ketika mengantarmu ke tempat tidur.

Anakku,

Ada sebuah cerita yang ingin ayah dongengkan sebelum kamu tidur, cerita ini sebenarnya sering ayah dengar dari orang secara turun-temurun. Barangkali ceritanya sangat sederhana tapi tujuan tidaklah sederhana yaitu untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik) disamping untuk menghibur.



Dahulu pernah ada seorang ayah dan anaknya yang berjalan dengan menaiki keledainya.

Ketika diperjalanan orang-orang heran melihatnya bahkan merasa miris karena mereka melihat betapa kasihan si keledai yang dibebani oleh dua manusia dan barang-barang.

Mendengar celetukan orang-orang itu, si ayah berkata kepada anaknya, "nak, sebaiknya kamu saja yang naik. Keledai ini tidak akan kuat sampai ke tujuan kalau terlalu berat".

Akhirnya si ayah …

Kisah Tak Kunjung Usai

Cahaya adalah hembusan sinar yang mencorong seluruh penjuru sudut ruang. Dan setiap kegelapan akan dilaluinya sehingga lenyaplah kegelapan itu. Bila ada kegelapan yang terlampaui maka cahaya itu telah dihentikan jalannya, dan berhenti tanpa setitik pun yang menyelimutinya.
Cahaya matahari selalu muncul ketika tiba esok hari di waktu pagi. Dan setiap penjuru ruang akan terkena sinarnya sehingga tidak ada tempat yang gelap. Disamping itu cahaya matahari menunjukkan hal yang tak nampak. Semua semesta telah terlihat di mata ketika cahaya itu memberi penerangan. Ketika muncul matahari dengan sinarnya, jalan-jalan, pepohonan, binatang dan lainnya telah nampak sekali dalam pandangan mata. Tetapi semua itu adalah semu. Kenapa semu? karena cahayanya tidaklah abadi. Ia akan berhenti ketika malam tiba dan digantikan oleh rembulan, sehingga semua yang nampak karena cahaya itu, kini tidaklah terlihat lagi. Kegelapan telah menyelimutinya, sekalipun masih ada cahaya rembulan, tetap saja tak mampu men…