Pikirkan Sebelum Bertindak

Anakku, 

Sejenak ayah ingin mengatakan ini kepada kamu bahwa berpikir adalah tindakan dasar manusia. Dan inilah yang membedakan manusia berbeda dengan mahluk lainnya. 

Kenapa harus berpikir dahulu sebelum bertindak?

berpikir

Tentu ada hal yang paling penting dalam menyikapi ini. 

Allah swt, bagi seorang hambanya adalah dzat yang memberikan sesuatu yang bernilai paling berharga dibanding mahluk lainnya. apa itu?

Pikiran

pikiran adalah salah satu anugerah dari Allah swt yang dianggap paling tinggi dalam diri manusia.

Pikiran, sesungguhnya bukan sekadar instrumen belaka bagi manusia, tetapi pikiran itu akan memberi cerminan bagi si pemiliknya. 

Anakku, 

Kalau kamu perhatikan alam ini, ada banyak  hal yang menjadi indah di dunia ini karena hasil kerja pikiran manusia, meskipun hasil karyanya tidak bisa mengungguli ciptaan Allah swt. Lihatlah bangunan-bangunan dan jalan-jalan buatan manusia itu, Indah bukan?. itulah hasil buah pikiran manusia, yang bertanda itu adalah kekuasaan Allah swt.

Anakku,

Sesungguhnya, bukan sembarang jadi kalau Allah swt ingin menciptakan apa saja yang dikehendakinya. Tapi semua yang terjadi memang sudah kehendak-Nya.
KUN FAYAKUN
Cerita kehidupan manusia tidak berjalan sebagaimana yang dikehendakinya karena Allah swt masih berperan dalam kehidupan manusia. Dan manusia tidak bisa melawan kekuatan Allah swt yang sudah berjalan sebagaimana kehidupan sekarang ini.

Anakku, 
ada sebuah pertanyaan. Kenapa manusia harus berpikir dahulu sebelum bertindak?. 

Sebuah pertanyaan besar ini menjadi jawaban tersendiri bagi orang yang memahami arti berpikir. 

Karena kalau kita pahami, berpikir itu jalan manusia untuk mencapai derajat yang tinggi dalam kehidupannnya. Hingga bilamana derajat itu tidak diraihnya, maka manusia lah yang mengalami kerugian besar dalam kehidupannya.

Anakku, 

Sejarah kehidupan manusia telah bercerita kepada kita bahwa bangsa-bangsa di dunia sudah cukup membuktikan bagaimana manusia berpikir. 

Nak, bacalah, kamu akan mengenal sejarah perang-perang dunia yang sudah berlalu sejak puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun lalu. semua yang terjadi karena hasil peperangan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi kehidupan manusia sendiri. 

diceritakan ada banyak korban jiwa terdiri dari wanita, orang tua dan anak-anak, serta rusaknya bangunan dan gedung-gedung yang ikut menceritakan cara berpikir manusia sebelum bertindak. 

Anakku,

Ada sebuah pepatah yang harus kamu ketahui bahwa mereka berbuat karena sudah melakukan sesuatu sebagaimana yang dipikirkan sebelumnya, artinya Cara berpikir manusia dalam sebuah tindakan pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari peranan pikirannya. Dan cukuplah buat kamu sejarah peperangan itu sebagai pelajaran berharga buat kamu.

Anakku, janganlah kamu bertindak sebelum berpikir.

Ingatlah itu,Nak.  

Tidak ada komentar